Konfigurasi APT-GET menggunakan proxy

13 12 2007

Koq sering failure ya ketika menjalankan apt-get ???
Sering banget pertanyaan itu muncul waktu mau menginstall program tambahan untuk ubuntu aku. Berhubung aku tidak punya dvd repo, terpaksa cari referensinya di internet. Setelah tanya-tanya lewat akang google yang baik hati, akhirnya ketemu jawabannya.
Hal ini di karenakan akses internet yang aku gunakan harus melalui proxy server. Nah, defaultnya kan apt-get tidak menggunakan proxy.

Karena pengen banget menggunakan apt-get, akhirnya aku edit file proxy yang ada di /etc/apt/apt.conf.d/ dengan menggunakan editor favorit aku.

#sudo nano /etc/apt/apt.conf.d/proxy

Berikutnya aku tambahkan :

Acquire::http::Proxy “http://192.168.1.7 : 3128”;

Ip proxy dan port tinggal di sesuaikan dengan ip dan port proxy server yang di gunakan.
Berikutnya, tinggal di simpan deh dan akhirnya aku bisa menggunakan apt-get di ubuntu-ku dengan tersenyum puas :).

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

