Copy file via ssh

14 11 2008

Kadang (mungkin juga sering) kita harus menggunakan komputer linux kita tanpa harus menyentuh komputer tersebut. SSH..!!! ya, sering banget kita menggunakan ssh untuk meremote linux kita.

Nah, waktu itu saya harus meng-copy file ke linux lain. Tapi ga memungkinkan saya untuk menggunakan flashdisk atau harddisk portable. Untung aja masih konek ke jaringan. Tapi sayang ga tau caranya..

Biasa, akhirnya mas google tak paksa bantuin masalah ini. Ehhh, akhirnya ketemu juga caranya. Ternyata cukup simple banget.. Saya menggunakan perintah seperti ini :

#scp /media/data/ISO/aptoncd-CD1.iso user@192.168.1.41:.

Kalo dijelasin sekedarnya, scp itu perintah yang digunakan untuk copy file via ssh. Trus, /media/data/ISO/aptoncd-CD1.iso itu nama file yang akan di copy beserta path lengkapnya. Yang terakhir user@192.168.1.41:. user adalah nama user login ssh di tambah alamat ip. Setelah tanda : (tanda “.”) merupakan path direktori home dari user yang kita pakai login tadi.

Aksi

Information

2 responses

6 12 2009
ademalsasa

Secure SHell ya mas? Menarik untuk pemula seperti saya. bagaimana kalau saya nge-request tutorial mensetting hubungan jaringan virtua antar dua os yang sedang jalan lewat Virtual Box?

Salam kenal ya mas. Saya tunggu kunjungan baliknya 🙂

2 08 2010
immux

oke.. rencana memang ada untuk menulis tutorial virtual box.
salam kenal juga

Tinggalkan Balasan

